Dara Meutia Anggraini - 31218070
7. Cara menggunakan rumus di excel
1.Di lembar kerja, klik sel tempat Anda ingin memasukkan
rumus.
Ketik tanda = (sama dengan) diikuti oleh konstanta
dan operator (hingga 8192 karakter) yang ingin Anda gunakan dalam perhitungan.
Untuk contoh kami, ketik =1+1.
Catatan:
Daripada mengetik konstanta ke dalam rumus Anda, Anda dapat
memilih sel berisi nilai yang ingin Anda gunakan dan masukkan operator di
antara sel yang dipilih.
Mengikuti urutan standar operasi matematika, perkalian dan
pembagian dilakukan sebelum penjumlahan dan pengurangan.
2.Tekan Enter (Windows)
atau Return (Mac).
Mari kita ambil contoh rumus sederhana lainnya.
Ketik =5+2*3 di sel lain, lalu tekan Enter atau Return.
Excel mengalikan dua angka terakhir dan menjumlahkan angka pertama dengan
hasilnya
3.Menggunakan Jumlah Otomatis
Anda dapat menggunakan Jumlah Otomatis untuk menjumlahkan
kolom atau baris atau angka dengan cepat. Pilih sel di samping angka yang ingin
Anda jumlahkan, klik Jumlah Otomatis pada tab Beranda,
tekan Enter (Windows) atau Return (Mac), dan selesai!
Ketika Anda mengklik Jumlah Otomatis, Excel akan
otomatis memasukkan rumus (yang menggunakan fungsi
SUM) untuk menjumlahkan angka.
Catatan: Anda juga dapat mengetikkan ALT+= (Windows)
atau ALT+ +=
(Mac) ke dalam sel, dan Excel akan menyisipkan fungsi SUM secara otomatis.
Inilah contohnya. Untuk menambahkan angka di bulan Januari
dalam anggaran Hiburan, pilih sel B7, sel berada tepat di bawah kolom angka.
Selanjutnya klik JumlahOtomatis. Rumus muncul di sel B7, dan Excel
menyorot sel yang Anda jumlahkan.
4.Tekan Enter untuk menampilkan hasil (95.94) di sel B7.
Anda juga bisa melihat rumus di bilah rumus pada bagian atas jendela Excel.
Catatan:
Untuk menjumlahkan kolom angka, pilih sel yang berada tepat
di bawah angka terakhir di kolom. Untuk menjumlahkan baris angka, pilih sel
yang berada tepat di sebelah kanan.
Ketika Anda membuat rumus, Anda bisa menyalinnya ke sel yang
lain daripada mengetiknya berulang kali. Sebagai contoh, jika Anda menyalin
rumus di sel B7 ke sel C7, rumus di C7 secara otomatis menyesuaikan terhadap
lokasi baru, dan menghitung angka di C3:C6.
Anda juga bisa menggunakan JumlahOtomatis pada lebih dari
satu sel sekaligus. Sebagai contoh, Anda bisa menyorot baik sel B7 maupun C7,
klik JumlahOtomatis, dan menjumlah di kedua kolom pada saat yang sama.
Komentar
Posting Komentar